foto berita artikel


Kabar baik datang dari internet security. Symantec baru saja mengumumkan pengamatan peredaran spam selama bulan Oktober. Volume spam secara global telah turun sekitar 22 persen dibandingkan bulan sebelumnya dan 47 persen bila dibandingkan sejak Agustus lalu. Sejak September 2009, Spam mencapai titik terendah. Spam membuat pergerakan lalu lintas sebagian besar email. Namun hal tersebut menjadikan volume tidak konstan dan kadang-kadang dapat berubah secara mendadak dalam waktu singkat.


“Selain beberapa persitiwa penting bulan lalu yang mencakup pelacakan Zeus ring dan penutupan spamit.com, Belanda juga telah melumpuhkan beberapa server yang terkait dengan Bredolab botnet,” tulis Symantec dalam laman resminya.



Secara historis, volume spam yang lebih rendah akan mengakibatkan persentase peredaran spam juga rendah. Hal ini karena volume mail yang sah yang cukup konstan. Spam yang sengaja masuk melalui email yang legal juga termasuk dalam perhitungan spam selama Oktober lalu. Secara keseluruhan, jumlah spam yang beredar selama Oktober mencapai 86,6 persen. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak September 2009. Sebagian besar merupakan spam rings dan beberapa server juga mengalami penurunan spam. Namun, tetap saja 9 dari 10 email adalah spam. Pada bulan Oktober lalu, 86,61 persen dari semua pesan email adalah spam, angkat tersebut sebenarnya turun dari bulan sebelumnya.



Saat ini volume spam telah menurun, bahkan secara dramatis tindakan terhadap beberapa botnet dan spam ring akan memiliki efek langsung. Seperti yang selalu terjadi, jatuhnya satu distributor dengan cepat diatasi dengan munculnya server spam yang lain. Apalagi situs phishing meningkat pada bulan Oktober dengan jumlah 0,3 persen. Salah satu tren yang phishing saat ini terjadi di situs jejaring sosial. Namun, angka tersebut masih dalam tahap normal karena hanya mencapai 4 persen pertumbuhan.

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentarnya:

Copyright 2010 INFO Free
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger